Pemeriksaan Senjata Api Polres Kotamobagu” Anggota Polri Wajib Kantongi Surat Keterangan Lulus Pysikologi//

Pemeriksaan Senjata Api Polres Kotamobagu” Angota Polri Wajib Kantongi Surat Lulus Psyikologi/

LintasBMR/Jumat-26/3/21.Anggota Polri sebagai pengemban amanah hukum dan undang-undang harus mampu menjadi pelindung pengayom dan pelayan bagi masyarakat.

Tugas polisi terkadang beresiko, apalagi dalam persoalan penanganan kasus tindak kriminal dimana membutuhkan tenaga ekstra ketika turun Ke TKP untuk mengungkap dan menangkap para terduga pelaku kejahatan, sehingga merekapun (Anggota Polri) dilengkapi dengan keperluan logistik salah satunya penggunaan senjata api.

Namun tak jarang pula ada segelintir oknum anggota polri yang kebablasan dalam penggunaan senjata api baik sedang dalam tugas maupun tidak sehingga mengakibatkan munculnya masalah yang sudah bertentangan dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) maupun Protap (Prosedur Tetap) akibatnya oknum tersebut tersangkut masalah hukum.

Merujuk pada contoh kejadian penyalagunaan senjata api yang sudah pernah terjadi dan menjadi viral baik dimedsos maupun lewat pemberitaan media massa, Kepolisian Republik Indonesia mewajibkan setiap anggota Polri yang memegang Senpi (senjata api) harus mengikuti ujian test pysikologi dengan bukti mengantongi surat keterangan lulus uji.

Menyikapi hal tersebut, Untuk Polres Kotamobagu sendiri melaksankan pengecekan senjata api bagi setiap anggotanya.

Pemeriksaan Senjata Api personil Polres Kotamobagu

Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati SIK lewat pesan wasthup menyampaikan, bahwa memang persyaratannya untuk personil polri harus memiliki surat keterangan lulus uji pysikologi Senpi sebagai bentuk pertimbangan pada kondisi emosional dan mental setiap pribadi dengan tetap merujuk pada rekomendasi pimpinan.

” Uji pysikologi menjadi dasar pertimbangan emosi dan mental setiap personil polri untuk mendapatkan surat keterangan yang menyatakan bersangkutan layak untuk dipinjam pakaikan sebuah senjata api tentunya dengan persetujuan pimpinan internal institusi ,” Jelas Prasetya Sejati.( Radj )

Shares
Baca juga  Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara Purnabhakti

Related posts